Amankah Vaksin untuk ibu hamil

Amankah vaksin untuk Ibu Hamil? Ibu hamil yang melakukan imunisasi tidak hanya melindungi dirinya saja dari penyakit menular, tetapi juga janinnya.

Hal yang perlu diperhatikan tentunya adalah beberapa jenis vaksin yang dapat membahayakan kehamilan dan janin yang dikandung. Oleh karena itu, seorang perempuan dalam usia produktif harus mendapatkan informasi mengenai kebutuhan vaksinasi yang penting untuk kehamilannya dan yang harus dihindari.

Apakah Vaksin Untuk Ibu Hamil Aman Terhadap Janin dan Kehamilan?

Bagaimanakah kriteria vaksin untuk ibu hamil yang aman diberikan? Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, vaksin yang aman diberikan pada ibu hamil antara lain vaksin batuk rejan/pertusis (vaksin Tdap) dan vaksin influenza karena faktor berikut:

  1. Vaksin Tdap dan Vaksin Influenza bukan merupakan vaksin hidup — yaitu vaksin yang dibuat dari bakteri atau virus yang telah dimatikan dan/atau antigen yang berasal dari toksin bakteri.
  2. Penelitian yang telah dilakukkan menyatakan bahwa vaksin TdaP dan Vaksin Influenza terbukti aman dan efektif untuk ibu hamil dan bayi

Konsultasikan Lebih Lanjut dan Jadwalkan Vaksinasi Anda:

Pages: 1 2