fbpx

Pentingnya mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI

Sebagian besar orang tua memvaksinasi anak-anak mereka mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI, untuk melindungi anak dari 14 penyakit berbahaya sebelum ulang tahun kedua mereka.

Vaksinasi anak-anak tepat waktu melindungi mereka dan mencegah penularan kepada mereka yang memiliki sistem imunitas yang lemah.

Alasan mengikuti rekomendasi jadwal imuniasi anak IDAI

Jadwal yang ideal

Untuk membuat rencana babyproofing yang baik, mengikuti jadwal imunisasi yang disarankan IDAI aman dan efektif untuk melindungi bayi Anda.

Rekomendasi tersebut dibuat berdasarkan bagaimana sistem imunitas anak Anda merespon terhadap vaksin pada berbagai usia, dan seberapa besar kemungkinan bayi Anda terpapar penyakit tertentu.

Mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI memastikan si kecil terlindung dari 14 penyakit yang berpotensi serius pada waktu yang tepat.

Unduh Jadwal Imunisasi Anak Usia 0-18 Tahun

Mencegah komplikasi

Menunda vaksin dapat membuat anak Anda rentan terhadap penyakit yang dapat dicegah. Hal ini meningkatkan risiko komplikasi ketika anak Anda sedang dalam keadaan rentan.

Vaksinasi penting untuk membangun ketahanan dan kesehatan anak Anda. Vaksinasi sesuai jadwal melindunginya dari penyakit yang berpotensi menyebabkan komplikasi, kecacatan, serta gangguan tumbuh kembang.

Bayi di bawah usia 2 tahun memiliki risiko paling tinggi mengalami komplikasi penyakit serius. Misalnya, bagi orang dewasa, pertusis (batuk rejan) mungkin hanya berarti batuk yang menetap selama beberapa minggu, tetapi bisa sangat serius — bahkan mematikan — untuk bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Jika Anda tidak mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI, bayi Anda bisa terkena penyakit seperti pertusis (batuk rejan) ketika ia sedang dalam keadaan rentan.

Perlindungan sejak usia dini

Pilih terbaik bagi setiap orang tua adalah untuk menigkuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI sebelum anak Anda terpapar penyakit-penyakit yang berbahaya.

Anda tidak akan menunggu sampai Anda sudah mengemudi di jalan untuk mengamankan bayi Anda di kursi mobil. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, tentunya Anda akan menjaganya dan memasang sabuk pengaman pada kursi bayi nya di setiap waktu, jauh sebelum adanya kemungkinan ancaman bahaya. Vaksin bekerja dengan cara yang sama — bayi Anda membutuhkannya jauh sebelum ia terkena penyakit.

rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI

Jika Anda menunggu sampai Anda berpikir anak Anda dapat terkena penyakit serius – seperti ketika ia mulai sekolah, dititipkan di tempat pengasuhan anak, atau setelah terjadinya wabah – mungkin tidak ada cukup waktu untuk vaksin bekerja.

Itu sebabnya para dokter ahli spesialis anak yang mengatur jadwal memperhatikan waktu dengan cermat. Mereka telah merancang jadwal tersebut untuk memberikan kekebalan di awal kehidupan, sebelum anak-anak mempunyai potensi terpapar penyakit yang mengancam nyawa.

Perlindungan terbaik

Bayi Anda tidak akan mendapatkan perlindungan kesehatan terbaik dari vaksin sampai ia mendapatkan semua dosis vaksinasi yang disarankan sesuai rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI.

Setiap vaksin dikembangkan dengan hati-hati untuk melindungi terhadap penyakit tertentu. Beberapa vaksin juga memerlukan lebih dari satu dosis untuk membangun kekebalan yang cukup kuat untuk melindungi bayi Anda, atau untuk meningkatkan kekebalan yang menurun dari waktu ke waktu.

Dosis tambahan juga dibutuhkan untuk memastikan bayi Anda terlindungi jika dosis pertama tidak menghasilkan cukup antibodi. Anak Anda membutuhkan vaksin flu setiap tahun karena penyakitnya berubah seiring waktu. Sederhananya, setiap dosis yang direkomendasikan untuk setiap vaksin sesuai jadwal adalah penting.

Perlindungan jangka panjang

Antibodi yang didapatkan bayi dari ibu ketika di dalam janin dan melalui air susu ibu (ASI) tidak memberikan perlindungan yang cukup, dan akan berangsur menghilang.

Sama seperti Anda membantu anak Anda belajar berjalan, perlindungan (antibodi) yang diwariskan kepada bayi Anda sebelum lahir akan membantu melindungi bayi Anda dari penyakit selama beberapa bulan pertama kehidupan. Dan sama seperti ketika anak Anda akhirnya harus berjalan secara mandiri, sistem imunitasnya pun akhirnya akan perlu melawan penyakit dengan sendirinya. Vaksin membantu melindungi anak Anda ketika antibodi yang diwariskan oleh ibu hilang.

Misalnya, ketika Anda mendapatkan vaksin pertusis dan vaksin influenza saat sedang hamil, Anda dapat mewariskan perlindungan tersebut kepada bayi Anda sebelum lahir. Vaksinasi yang dilakukan pada saat kehamilan sangat penting karena Anda hanya dapat mewariskan perlindungan dari penyakit dengan antibodi yang anda miliki saja. Imunitas ini dapat melindungi anak Anda dalam beberapa bulan pertama kehidupan, hingga bayi telah mendapatkan vaksinasi dasar lengkap mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI.

Menyusui memberikan perlindungan penting dari beberapa infeksi ketika sistem imunitas bayi Anda sedang berkembang. Namun, ASI tidak melindungi anak-anak dari semua penyakit. Bahkan untuk bayi yang diberikan ASI, vaksin merupakan cara paling efektif untuk mencegah berbagai penyakit. Itu sebabnya sangat penting untuk mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI. Ini memastikan sistem kekebalan bayi Anda mendapat bantuan yang dibutuhkannya untuk memberikan perlindungan jangka panjang dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Mencegah penularan penyakit

Anak-anak yang tidak divaksinasi mengikuti rekomendasi jadwal imunisasi anak IDAI tidak hanya berisiko sakit sendiri, tetapi mereka juga berpotensi menyebarkan penyakit kepada orang lain yang rentan, seperti bayi baru lahir yang terlalu muda untuk vaksin dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Dengan mendapatkan vaksin anak Anda tepat waktu Anda tidak hanya melindungi bayi Anda – Anda juga membantu melindungi teman, keluarga, dan komunitas Anda.

Pastikan Anda tidak rentan terpapar dan menyebarkan penyakit menular berbahaya.

Ayo vaksinasi sekarang!

Powered by BetterDocs

Butuh Bantuan?
#
Agent (Online)
×

Mau sehat, tidak mau tunggu sakit dulu. Biar jangan tersesat, Dwica siap buat bantu kamu.