fbpx

Periksa Riwayat Imunisasi Pasien

Periksa riwayat imunisasi dasar anak dan dewasa pada setiap pasien yang melakukan kunjungan ke sarana kesehatan manapun, baik pada kunjungan pengobatan ataupun kunjungan sehat rutin. Penilaian riwayat imunisasi berguna untuk menapis kemungkinan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Selain itu, apabila seorang anak ataupun orang dewasa belum melengkapi imunisasi yang sudah melewati jadwal, lakukan edukasi untuk segera melengkapinya.

Riwayat Imunisasi dapat ditemukan pada buku imunisasi anak, buku imunisasi dewasa, dan/atau pada rekam medis.

Riwayat Imunisasi

Seringkali petugas medis, baik pada kunjungan berobat, perawatan inap, maupun pada kunjungan vaksinasi dengan seorang dokter vaksinolog anak atau dewasa. Petugas penyedia layanan imunisasi hanya boleh menerima catatan tertulis yang bertanggal dengan cap identitas dokter sebagai bukti vaksinasi yang sah. Pengakuan secara lisan, tanpa dapat menunjukkan bukti vaksinasi tidak sah dan akan dianggap belum mendapatkan vaksinasi tersebut.

Vaksinasi tidak boleh ditunda jika pasien tidak dapat menunjukkan catatan rekam vaksinasi sebelumnya. Sesegera mungkin, lakukan koordinasi dengan sarana kesehatan atau penyedia layanan kesehatan pasien sebelumnya untuk mendapatkan rekam vaksinasi yang hilang.

Mencari Catatan Rekam Vaksinasi

Sayangnya, tidak ada badan yang mengelola rekam vaksinasi di Indonesia. Riwayat imunisasi yang dapat diandalkan hanyalah buku catatan rekam vaksinasi yang diberikan kepada Anda atau orang tua Anda ketika vaksinasi dilakukan.

Rekam vaksinasi (kadang-kadang disebut catatan imunisasi) memberikan informasi riwayat semua vaksin yang Anda atau anak Anda pernah terima. Rekam vaksinasi ini mungkin diperlukan untuk pekerjaan tertentu, syarat bepergian ke luar negeri, atau untuk pendaftaran sekolah.


Pastikan Anda tidak rentan terpapar dan menyebarkan penyakit menular berbahaya.

Ayo vaksinasi sekarang!

Powered by BetterDocs

Butuh Bantuan?
#
Agent (Online)
×

Mau sehat, tidak mau tunggu sakit dulu. Biar jangan tersesat, Dwica siap buat bantu kamu.