fbpx

Mengapa vaksinasi dewasa penting untuk Anda

Vaksinasi dewasa memastikan bahwa imunitas Anda diperbarui untuk melindungi diri Anda dari virus dan bakteri yang juga selalu bermutasi.

Secara global, vaksin berperan sangat penting untuk mengurangi atau menghilangkan (eradikasi) banyak penyakit menular yang pernah meneror, membunuh atau menciderai bayi, anak-anak, dan orang dewasa secara rutin. Namun, virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut masih ada dan Anda masih bisa mendapatkan penyakit ini jika imunitas Anda tidak diperbarui dengan vaksinasi.

Orang Dewasa Lebih Rentan Terpapar Kuman

Setiap tahun ribuan orang dewasa di Indonesia mengalami penyakit infeksi berat hingga membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit karena penyakit menular yang sebenarnya sangat mudah untuk dicegah dengan vaksin. Banyak orang dewasa bahkan meninggal karena penyakit-penyakit tersebut. Dengan mendapatkan vaksinasi dewasa, Anda dapat membantu melindungi diri dari banyak penderitaan kesehatan serta pemborosan biaya dan produktivitas yang tidak perlu ini.

Bahkan jika Anda menerima vaksin yang Anda butuhkan ketika bayi, perlindungan dari beberapa vaksin akan berangsung berkurang hingga hilang. Vaksinasi dewasa juga dibutuhkan karena Anda mungkin berisiko terhadap penyakit tertentu karena pekerjaan, gaya hidup, perjalanan, atau kondisi kesehatan Anda. Cari tahu vaksinasi dewasa apa yang mungkin Anda butuhkan berdasarkan berbagai faktor risiko.

Vaksinasi Dewasa dapat melindungi tidak hanya diri Anda sendiri, tapi juga orang-orang terdekat Anda

Vaksin dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit tertentu. Vaksin bekerja dengan pertahanan alami tubuh Anda untuk membantu Anda dengan aman mengembangkan kekebalan terhadap penyakit. Vaksinasi Dewasa menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit tertentu dan menderita komplikasinya. Misalnya:

  • Vaksin hepatitis B menurunkan risiko kanker hati.
  • Vaksin HPV menurunkan risiko kanker serviks.
  • Vaksin Influenza menurunkan risiko serangan jantung yang dipicu oleh flu atau komplikasi terkait flu lainnya dari kondisi kesehatan yang ada seperti diabetes dan penyakit paru-paru kronis.

Vaksinasi Dewasa menurunkan peluang Anda untuk menyebarkan penyakit ke lingkungan sekitar Anda.

Beberapa orang di keluarga atau komunitas Anda mungkin tidak bisa mendapatkan vaksin tertentu karena usia atau kondisi kesehatan mereka. Terlebih kebanyakan orang dewasa muda tidak menunjukkan gejala ketika mereka terinfeksi dan dapat menyebarkan kuman ke anggota keluarga yang rentan. Mereka mengandalkan Anda untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

Bayi, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh (seperti mereka yang menjalani pengobatan kanker, penderita HIV, dll) sangat rentan terhadap penyakit menular.

Misalnya, bayi yang baru lahir terlalu muda untuk divaksinasi terhadap batuk rejan (pertusis). Untuk bayi, batuk rejan bisa sangat berbahaya atau bahkan mematikan bagi mereka. Oleh karena itu, perempuan hamil harus mendapatkan vaksin Tdap selama setiap kehamilan untuk membantu melindungi bayi mereka dari batuk rejan. Siapa pun yang ada di sekitar bayi (orang tua, pengasuh, dll) harus mendapatkan ulangan (booster) vaksinasi batuk rejan (pertusis).

Anda terlalu sibuk untuk sakit

Anda memiliki kehidupan yang sangat produktif, sibuk, dan terlalu banyak tanggung jawab untuk membiarkan risiko jatuh sakit. Vaksin dapat mengembalikan keputusan untuk tetap sehat ke tangan Anda sehingga dapat memberikan ketenangan pikiran (peace of mind) di saat bekerja.

Jika Anda dapat menghindari sakit, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga, teman, pekerjaan, dan hobi Anda.

Mendapatkan vaksin dewasa yang direkomendasikan dapat memberi Anda perlindungan terbaik yang tersedia terhadap sejumlah penyakit berbahaya.

Pastikan Anda tidak rentan terpapar dan menyebarkan penyakit menular berbahaya.

Ayo vaksinasi sekarang!

Powered by BetterDocs

Butuh Bantuan?
#
Agent (Online)
×

Mau sehat, tidak mau tunggu sakit dulu. Biar jangan tersesat, Dwica siap buat bantu kamu.