fbpx

Persiapan pemberian vaksin

Persiapan pemberian vaksin yang tepat sangat penting untuk menjaga integritas vaksin selama transfer dari vial ke spuit. Selalu gunakan teknik aseptik dan ikuti pedoman pencegahan infeksi saat menyiapkan vaksin. Teknik aseptik mengacu pada cara menangani, menyiapkan, dan menyimpan obat-obatan dan peralatan / persediaan injeksi (mis., Jarum suntik, jarum) untuk mencegah kontaminasi mikroba dan infeksi.

  1. Siapkan vaksin di area pengobatan yang bersih dan jauh dari tempat pasien divaksinasi dan jauh dari barang-barang yang berpotensi terkontaminasi. Hal ini untuk mencegah kontaminasi vial yang tidak sengaja melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan permukaan atau peralatan yang berpotensi terkontaminasi.
  2. Petugas kesehatan harus memastikan klinik mereka memiliki persediaan yang diperlukan untuk memberikan vaksin.
  3. Petugas kesehatan harus menyelesaikan kebersihan tangan yang benar sebelum menyiapkan vaksin.
  4. Gunakan jarum dan jarum suntik terpisah untuk setiap injeksi.
  5. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada vaksin dan pengencer, jika perlu. Beberapa jarum suntik dan jarum memiliki tanggal kedaluwarsa, jadi periksa juga. JANGAN PERNAH menggunakan vaksin, pengencer, atau peralatan yang kedaluwarsa.
  6. Persiapkan vaksin hanya ketika Anda siap untuk memberikannya.
  7. Hanya berikan vaksin yang sudah Anda siapkan. Ini adalah standar praktik terbaik pemberian obat. Jika vaksin dibuat oleh satu orang tetapi dikelola oleh orang lain, orang yang memberikan vaksin tidak dapat memastikan apa yang ada dalam jarum suntik dan apakah itu aman.

Powered by BetterDocs

Butuh Bantuan?
#
Agent (Online)
×

Mau sehat, tidak mau tunggu sakit dulu. Biar jangan tersesat, Dwica siap buat bantu kamu.